Wednesday, April 17, 2013

ICrOSS; Indonesia Creative Open Source Software



  • ICrOSS, Indonesia Creative Open Source Software yaitu sebuah perhelatan atau pertemuan seluruh komunitas open source yang ada di Indonesia. Beberapa komunitas yang akan hadir yaitu penggiat dari produk open source seperti Blender, Backtrack, GIMP (GNU Image Manipulation Program), Python, Raspberry PI, RedHat, OpenERP, dan lain-lain. 

    Acara ini dibagi menjadi 2 macam kegiatan, yaitu konferensi dan workshop. Pertemuan yang dimotori AOSI (Asosiasi Open Source Indonesia) ini akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 24 dan 25 April 2013, di Balai Kartini Jakarta. Konferensi dan Workshop ini akan menampilkan topik-topik hangat dengan teknologi terbaru dari Open Source. Beberapa topik hangat yang akan dibahas yaitu sebagai berikut :

  • Network Security Using Open Source Tools & Forensic



Workshop ini akan membahas tentang bagaimana memanfaatkan alat bantu berbasis OSS untuk kegunaan keamanan jaringan dan foreknsik digital. Workshop ini akan dibimbing oleh praktisi yang berpengalaman di bidang keamanan informasi yaitu dari Bisron - ID-SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team on Internet and Infrastructure/Coordination Center). Acara ini berlangsung pada tanggal 24 April 2013 Pukul 13.30 - 16.30 WIB.


Internet of Things with Raspberry PI


Raspberry PI adalah sebuah komputer mini dengan ukuran kartu kredit yang dapat digunakan untuk semua keperluan, baik sebagai HD videos player, Home Theater Computer, sebagai server web, firewall, intrussion detector, robot controller, games player, dan masih banyak lagi lainnya.

Workshop dalam perhelatan ini akan membahas : 


  1. Hubungan RaspberryPi dengan Internet Of Things
  2. Menghubungkan peripheral dengan Raspberry PI, keyboard, mouse, monitor dan lainnya
  3. Instalasi Operating System Raspbian dan Utilitas
  4. Konfigurasi Raspberry PI dan memasang XMBC
  5. Membuat program dengan Python
  6. Mengontrol Node Multimedia Box RaspberryPi via Android App/Mobile
  7. Contoh Raspberry Pi di OpenElec
Team Pengajar/Tutor : Adin, Jan Peter, Ramot, Abi, Zulfikar Ian (Asisten OS dan Sysprog). Acara ini akan berlangsung pada tanggal 25 April 2013 Pukul 09:00 - 12:00 WIB. Pada akhir workshop masing-masing peserta akan membawa pulang perangkat hardware raspberry PI !

Cloud Management dengan Openstack

Workshop ini akan memberikan gambaran, bagaiman RedHat Linux telah mempersiapkan OS-nya untuk bisa menjadi cluster, dan diatas openstack sendiri dapat berjalan bermacam OS, yang disebut sebagai guest OS (virtual machines).



Openstack diyakini akan menjadi "serious player" cloud operating system, disamping produk vSphere dari vmware dan windows azure dari microsoft. Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 24 April 2013 Pukul 13:30 - 16:30 WIB.


Unleashed: the X-Factor for Animation with Blender


Workshop ini memberikan pembelajaran tentang proses dan teknik pembuatan animasi digital dengan obyek 3D. Peserta workshop akan dibimbing dalam proses pembuatan animasi menggunakan Opern Source Software, Blender. 




Workshop akan memberi arahan tentang model, shade, animasi, proses render, composite, interactive 3D dan lainnya. Blender adalah kreasi 3D untuk setiap orang dan bebas untuk digunakan, open source, dan memiliki komunitas yang besar di Indonesia. Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 25 April 2013 Pukul 13:00 - 16:00 WIB.


Network Performance Analysis @Enterprise using Wireshark – Net-Analysis 101


Masyarakat open source global telah menjawab tantangan pertama, dengan mengembangkan tool bernama Wireshark (sebelumnya: Etherreal). Isu kedua, dasar ilmu analisa jaringan- akan dijawab melalui workshop ini. Workshop akan diberikan dasar2 utama aktivitas seorang network analyst, tips and tricks, pemetaan skill set dikaitkan dengan defacto skill-set industri yang ada, dilengkapi dengan exercise hands-on.



Siapa yang perlu hadir di sesi ini ? Peserta yang disarankan hadir yaitu dari perusahaan yang mengandalkan Internet sebagai media usahanya (transaksi online), seperti perbankan, transportasi udara, laut dan darat, pariwisata perhotelan, travel agent, dan lainnya. Secara umum Network Administrator, Analyst, IT managers dan siapapun tertarik dengan network analysis. Acara ini berlangsung pada tanggal 25 April pukul 13:30 - 16:30 WIB.
Document Management System - Interoperability Alfresco® (Open Source) with MS Sharepoint®


Alfresco adalah platform berbasis open source untuk kolaborasi dan manajemen dokumen. Melalui otomasi proses bisnis yang dokumen-intensif dan dukungan kolaborasi dalam skala besar, Alfresco membantu setiap organisasi untuk melayani nasabahnya dengan lebih baik dan beradaptasi lebih cepat terhadap perubahan pasar yang cepat. Workshop ini akan membahas tentang cara instalasi dan konfigurasi Alfresco serta menggunakannya secara optimal untuk kolaborasi dan manajemen dokumen. Workshop ini juga akan membahas integrasi Alfresco dengan Microsoft Sharepoint.

Dalam Workshop juga akan dibandingkan fitur-fitur yang ada pada MS- Sharepoint vs Alfresco. Acara ini akan berlangsung pada tanggal 25 April 2013 Pukul 09:00 - 12:00 WIB.

Source : http://icross.web.id/icr/index.html
Agenda : http://icross.web.id/icr/agenda.html
Nara Sumber untuk konferensi : http://icross.web.id/icr/conference.html

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments:

Post a Comment