Wednesday, May 22, 2013

Menghindari Pembajakan Account Facebook dari Aplikasi FaceNiff

Facebook adalah salah satu layanan jejaring sosial online yang banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Indonesia telah menjadi negara pengguna Facebook ke-4 terbanyak di dunia setelah Amerika, Brazil, dan India. Hampir setiap pengakses internet memiliki account facebook.

Semakin banyak pengguna Facebook memancing sebagian orang untuk dapat mengakses account facebook orang lain. Salah satu teknik membajak account Facebook orang lain yaitu dengan  menggunakan salah satu aplikasi pada smartphone Android bernama FaceNiff. FaceNiff adalah sebuah aplikasi Android yang memungkinkan pengguna melakukan "sniffing" dan mencegat profil web session melalui jaringan Wi-Fi. FaceNiff memiliki kemampuan untuk menembus beberapa account selain Facebook; yaitu diantaranya Twitter, YouTube, Amazon, Tuenti, Nk, Tumblr, Meinvz, Studivz, Blogger, Vkontakte, dan Vk. Semua itu dapat di-sniffing oleh aplikasi FaceNiff dalam satu jaringan lokal Wi-Fi.

Aplikasi FaceNiff tidak tersedia pada layanan Play Store Google. Dan aplikasi ini hanya dapat berjalan jika smartphone Android telah di-root. Karena pada saat menjalankan aplikasi ini membutuhkan permission dari root.

Alur Kerja FaceNiff di Android

Alur Kerja FaceNiff di Android
Untuk menghindari sniffing dari aplikasi ini caranya cukup mudah, kita tinggal mengaktifkan protokol SSL pada Account Setting di Facebook. SSL (Secure Sockets Layer) adalah sebuah protokol yang dikembangkan oleh Netscape untuk komunikasi dokumen yang membutuhkan privasi melalui Internet. SSL menggunakan suatu sistem enkripsi yang menggunakan dua kunci untuk melakukan enkripsi data. Cara mengaktifkan SSL yaitu sebagai berikut :
  1. Pillih menu Account Settings dan pilih Link Security
  2. Edit bagian Secure Browsing lalu Check list "Browse Facebook on a secure connection (https) when possible"
  3. Lalu Simpan Perubahan.
Atau bisa juga dengan mengklik https://www.facebook.com/settings?tab=security.
Pengaturan SSL untuk Browsing yang Aman di Facebook
Jika sudah diatur setting-an security untuk SSL-nya, maka tampilan alamat URL di browser menjadi https:// seperti gambar yang dilingkari di bawah ini :
Tampilan SSL yang telah Aktif di Browser
Sangat disarankan sekali agar mengaktifkan SSL pada account Facebook, apalagi jika kita sering membuka facebook pada jaringan Wi-Fi di tempat umum seperti Warnet, Cafe, Restaurant, Hotel, dan lain-lain. Ini untuk menghindari pembajakan Account Facebook kita.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

4 comments:

  1. untung selama ini semua akun rian ssl nya diaktifin.

    makasih sharenya bang :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama..
      jangan lupa kasih tau temen2 rian juga untuk aktifin SSL :)

      Delete
  2. :-t pernah kena nih pada blogspot.
    http://h4nk.blogspot.com/2013/06/anekahostingcom-web-hosting-murah.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) iya, sesuai saran dari H4nk, untuk blogspot memang hanya menambahURL Address menjadi protokol https, sehingga ketika sniffer di luar jaringan lokalpun tidak bisa mengakses dari cache sniffer dari FaceNiff :)

      Delete